Cara Membuat SBU Online dan Hal yang Harus Diperhatikan

Cara Membuat SBU Online – SBU atau kepanjangan dari Sertifikat Badan Usaha yang penting dibuat oleh suatu perusahaan. Dengan memilikinya, ini akan dijadikan sebagai bukti bahwa perusahaan tersebut sudah lulus sertifikasi. Saat ini sudah ada cara membuat SBU online yang mudah sehingga diurus cepat.

Pihak yang sudah memiliki SBU online akan lebih memiliki peluang untuk mendapatkan tender karena sudah terbukti kualitasnya. Banyak yang akhirnya mempercayakan pekerjaan pertambangan dan konstruksi pada perusahaan yang sudah memiliki SBU.

Cara Membuat SBU Online dan Hal yang Harus Diperhatikan
Cara Membuat SBU Online dan Hal yang Harus Diperhatikan

Apa Itu SBU Online?

Sebelum mengetahui cara membuat SBU online, ketahui dulu apa yang dimaksud dengan SBU? SBU atau Sertifikat Badan Usaha adalah surat untuk sertifikasi yang dikeluarkan oleh badan resmi atau LPJK.

Perusahaan yang sudah terbukti lulus dan memenuhi kualifikasi akan mendapatkan sertifikat ini. Adanya SBU menunjukkan bahwa usaha yang dibuka sudah sesuai dengan pengadaan barang dan jasa.

Semua itu sudah memenuhi klasifikasi Bidang, Sub Bidang, dan kualifikasi lainya yang sudah tercatat bagi pemilik SBU.

Jadi, pemilik SBU ini membuatnya memiliki usaha yang sudah masuk dalam klasifikasi dan kualifikasi. Hal ini karena untuk mendapatkan SBU online tidak semudah itu. Perusahaan harus memenuhi semua administrasi dan teknisnya.

Dulu, proses pembuatan SBU hanya dilakukan secara offline sehingga tidak praktis. Kini, sudah ada proses membuat SBU online sehingga semua dokumen yang menjadi persyaratan bisa dikirim lewat online.

Hal ini tentu jauh lebih praktis dan efisien. Lalu, bagaimana cara membuatnya? Simak penjelasannya berikut ini.

Syarat Membuat SBU

Beberapa syarat yang perlu disiapkan adalah sebagai berikut:

  • Surat akta pendirian badan usaha.
  • Surat keterangan domisili yang sudah dilegalisir dari kelurahan.
  • Fotocopy NPWP
  • SKT dan SPPKP.
  • Surat Izin Usaha Perdagangan atau disingkat SIUP
  • Fotocopy KTP dan NPWP.
  • Fotocopy pajak tahun terakhir.
  • Surat pajak 2 bulan terakhir.
  • Pas foto 3×4, 6 lembar.
  • Ijazah terakhir pemilik perusahaan.
  • Daftar riwayat hidup pemilik perusahaan.
  • Neraca akuntan publik.

Membuat SBU online akan dirasa lebih mudah bagi pemilik perusahaan. SBU online akan cocok dipakai bagi orang yang sudah sibuk untuk memikirkan perusahaannya. Dengan melalui online, Anda bisa melakukan prosesnya kapanpun dan dimanapun.

Supaya lebih mudah, gunakan jasa pengurusan SKK SBU konstruksi dari http://juraganskk.com/

Pembuatan SBU Konstruksi

Jenis perusahaan yang bergerak di bidang konstruksi harus memiliki SBU ini karena berkenaan dengan pengadaan barang dan jasa yang diberikannya. Untuk mendapatkannya, Anda bisa mengajukan ke Menteri lewat LSBU.

Selanjutnya, pengajuan ini bisa secara online via lembaga OSS. Tahapan secara umum dalam membuat SBU konstruksi dimulai dengan mengajukan permohonan, bayar biaya pembuatan SBU, verifikasi, dan validasi.

Terakhir, adalah hasil keputusan apakah disetujui atau ditolak permohonannya dalam membuat SBU online. Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam membuat SBU:

1. Pengurusan SKA atau SKT

Dalam membuat SBU, penting mengurus dahulu SKA dan SKT. SKA adalah Sertifikat Tenaga Ahli dan SKT adalah Sertifikat Tenaga Terampil.

Perbedaan keduanya ada pada jenis keahliannya. Untuk SKA lebih mengarah pada tenaga kerja yang memiliki intelektual atau sudah ahli.

Sedangkan SKT lebih mengarah pada tenaga terampil yang dimiliki oleh setiap individu. Ada beberapa dokumen yang perlu diurus dulu untuk mendapatkannya.

Dokumen yang diperlukan untuk membuat SKA adalah surat pernyataan, FC ijazah, surat pengalaman kerja, kompetensi kerja, FC KTP dan NPWP.

Sedangkan untuk membuat SKT diperlukan dokumen seperti daftar pengalaman kerja, FC KTP, surat pernyataan, FC ijazah, dan pengurusan SBU.

2. Pengurusan SBU

Sebelum mengajukan pembuatan SKK online, perlu memenuhi syarat dokumentasi, yaitu:

  • E-KTP sebagai bagian utama data diri.
  • NPWP sebagai acuan kedua yang harus terpenuhi.
  • CV atau daftar riwayat hidup dengan tanda tangan pemohon. Data pada curriculum vitae ini harus benar adanya.
  • Pas foto terbaru dengan syarat menghadap kamera dan badan tegak.
  • Nomor kontak yang paling mudah dihubungi dan tentunya aktif.
  • Scan ijazah sesuai kebutuhan dan riwayat kerja pemohon.

Selain syarat resmi dokumen ada pula surat permohonan dan berita acara yang telah terverifikasi. Sekaligus surat self assessment yang harus disiapkan jauh-jauh hari.

3. Proses Pengajuan

Setelah mengumpulkan semua berkas dengan lengkap, maka lakukan proses pengajuan. Caranya adalah membuat akun OSS terlebih dahulu. Anda harus terdaftar dalam OSS untuk membuat SBU online.

Berikut ini adalah langkah yang perlu dilakukan untuk membuat akun OSS:

  • Langkah pertama, kunjungi laman dari OSS.
  • Klik Daftar untuk membuat akun.
  • Nantinya akan muncul form yang berisi berbagai pertanyaan. Isi pertanyaan dengan benar pada kolom yang tersedia. Note: untuk kolom isi NIK, Anda bisa memasukkan NIK pemilik atau penanggung jawab perusahaan.
  • Tulis alamat email lengkap dan lakukan verifikasi akun. Caranya dengan melihat kotak masuk email dan klik aktifkan.
  • Setelah aktif, Anda bisa masuk ke OSS untuk SBU online login dengan menggunakan akun yang sudah dibuat sebelumnya.
  • Lalu, unggah semua persyaratan dari dokumen yang sudah dikumpulkan sebelumnya.

Setelah SBU berhasil disetujui dan dibuat, Anda juga perlu melakukan perpanjangan SBU agar masih aktif dipakai. Perpanjangan ini juga bisa dilakukan secara online maupun offline.

Penutup

Demikian cara membuat SBU online yang perlu diperhatikan. Agar tidak bingung, Anda bisa menggunakan jasa membuat SBU yang sudah terpercaya agar tidak membuat waktu. Silahkan kunjungi website dari juraganskk.com yang profesional membuat SBU dan dokumen lain.

Jadi bagaimana, cukup mudah kan membuat SBU online? apalagi dengan bantuan jasa pembuatan SBU seperti juraganskk.com. Semoga pembahasan di atas membantu!

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
jasa pengurusan skk sbu konstruksi

Jasa Pengurusan SKK SBU Konstruksi

Navigasi
Layanan
Kontak
Rate this post
Hubungi Kami
1
Butuh Bantuan ?
Hello, Kami Bisa Membantu Anda!